Biaya ala karet

Hari jumat lalu, 28 Juni 2019. Dunia heboh. Dunia bisnis hosting, tepatnya. Dikarenakan lisensi naik. Lisensi cPanel itu. Yang sudah 20 tahun berjalan. Naik dalam perhitungan yang massif.

Berita ini membuat seluruh forum yang membernya notebene pelaku industri hosting menjadi kelabakan. Ada yang langsung cari alternatif. Ada yang mendukung. Ada yang menyerah. Benar-benar ada ada saja cPanel.

Perubahan ini, dari sebelumnya flat menjadi per-account based pricing. Dimana $45 per bulan untuk 100 akun dalam server. Lebih dari itu, nikmati tambahan $0.2 per akun. Andai punya 1000 akun dalam server, maka hitungannya = $45 + (900 x $0.2) = $225 per bulan.

Biaya diatas, sebelumnya bisa digunakan untuk 1 tahun more or less. Namun kini, hanya menjadi sejarah. Yang akan dicatat oleh situs Archive.org.

Dampak dari ini, membuka opsi kami, setidaknya para hoster galau. Untuk melihat alternatif lain. Yang semenjak lama dipandang sebelah mata. Pilihannya jika bukan Plesk atau Directadmin. Plesk ini riskan. Karena masih satu company dengan cpanel. Resiko naik dikemudian hari memang tak terelakkan. Bukan tidak mungkin Directadmin juga mengubah struktur harganya.

Wujud terciptanya control panel lokal semakin dicari. Vendor cloud lokal kami, menyatakan sedang membuat panel baru. Namun teralihkan dengan pekerjaan lain.

Semoga saja hal ini masih dibawah radar pemerintah. Paling tidak, tidak di repoti dengan bermacam peraturan yang “memayungi” tapi tidak.

Leave a comment