Bisnis Online Itu Mudah

bisnis online

Bisnis onlline – Assalamualaikum.

Penting. Tidak semuanya ingin atau memiliki jiwa berbisnis, oleh karena itu yang akan saya bagikan adalah optional bagi guru yang masih ingin melanjutkan pekerjaan mengajarnya. Bisnis online juga bisa di sambi, dalam arti bisa di jadikan pemasukan sampingan sebelum membesar. Semua keputusan ada di tangan anda. Dan saya disini juga ingin membantu, Saya pastikan dalam kurun 3 bulan sudah menghasilkan, disertai dengan niat dan semangat.

Seperti yang sudah saya sebutkan di posting di facebook, ada beberapa website yang mengakomodir pekerjaan seperti mengajar (les), menulis dan hal kreatif lainnya.

Baik, sekarang bagi anda yang ingin melirik pekerjaan lain selain mengajar, atau menjadikan bisnis sebagai pekerjaan sampingan, mari kita diskusi.

1. Tanpa Modal

Menyalurkan skill

Dropship dan Reseller

Dropship adalah dimana kita menjual produk dari suatu toko atau penyedia barang yang kita jual lagi dengan nama atau merk dari kita sendiri. Sedangkan Reseller adalah kita menjual produk dengan mengikut sertakan nama atau merk dagan pembuat produk tersebut. Dropship beda dengan Grosir! Tapi Reselling(er) bisa sama dengan grosir. Karena grosir perlu membeli produk terlebih dahulu lalu kita menjual kembali (reselling) produk tersebut. Harap dicatat, yang kita lakukan ini bisnis online, artinya tidak perlu menyediakan tempat besar untuk menampung barang.

Grosir mewajibkan untuk membeli sebanyak beberapa buah agar bisa mendapatkan harga murah untuk kita jual kembali, sedangkan sistem Reseller, tanpa ada minimum pembelian awal untuk dijual kembali.

Keuntungan dropship adalah, kita bisa membuat label merek sendiri, dengan alamat rumah sendiri, tanpa menyebutkan dari mana asal produk tersebut dibuat. Ini bertujuan agar si pembeli tidak mengetahui dimana penjual yang dropship ini membeli produknya. Selain itu, dropshipper tidak perlu mengeluarkan modal awal atau tempat untuk penyimpanan, ketika ada order, dia hanya perlu mengecek pembayaran lalu order pesanan ke supplier.

Contoh Dropship :

Tono = Pemilik produk
Budi = Pedagang (dropshipper)

Budi mendapatkan order barang dari pembeli, dimana barang ini Budi order dari Tono si pemiliki produk. Jadi Budi tidak perlu melakukan order ke Tono ketika si pembeli sudah melakukan pembayaran. Lalu Tono mengirimkan barang sesuai pemesanan Budi dengan merk dan alamat asalnya si Budi.

Alurnya jadi Pembeli => Budi => Tono => Pembeli

Dimana bisa dropship?

  • Tokopedia.com, disini mereka menyediakan fitur dropship. Hampir semua barang bisa dilakukan dropship, anda juga bisa kontak ke penjualnya terlebih dahulu. Klik disini untuk Cara Dropship di tokopedia.com
  • https://www.bandros.co.id/ Disini juga supplier dropshipper. Tanpa modal, langsung daftar, pilih produk dan jual. Produknya adalah tas, kaos, sandal, sepatu multi gender.
  • http://supplier.id ini adalah supplier alat olahraga, baju olahraga, aksesoris HP (casing dll), kecantikan dan alat rumah tangga, bisa dilihat disini http://supplier.id/express/
  • http://www.grosirjilbabrafa.com/ ini adalah supplier baju muslim dan aksesorisnya. Lokasi di tanah abang, bisa anda hubungi dulu untuk dropshipnya.
  • https://tees.co.id/ atau http://custom.co.id/disini kita bisa membuat kaos sendiri yang di desain secara online tanpa modal, hanya butuh kreasi tangan kita untuk merancang gambar/tulisan yg ingin di cetak pada kaos. Cari orang yg mau order dulu, baru buat disini kaosnya.
  • http://www.tokofobia.com/ ini supplier aksesoris wanita, seperti gelang, anting-anting dll

Kelemahan dropship ini sendiri adalah, ketika respon dari supplier lama. Alhasil terjadi penumpukan order dan waktu. Contoh ketika pembeli menanyakan ketersediaan baju warna biru, Budi sebagai pedagang harus melakukan cek ke Tono si supplier, ternyata Tono sedang sibuk, dan baru membalas hingga berjam-jam. Hal seperti ini yang akan mengurangi kepercayaan dan kemungkinan besar menghilangkan peluang calon pembeli.

Selain itu, informasi ketersediaan barang terbaru juga terkadang sulit didapat.

Mengatasi hal seperti ini adalah

  • Mengecek kecepatan respon supplier, terutama di jam-jam kerja. Jam 9-10 pagi, jam 1-2 siang, dan jam 4-5 sore adalah waktu yang cocok bagi para pembeli browsing mengenai barang. Walau tidak menutup kemungkinan diluar itu juga.
  • Selain kecepatan respon, cek juga kapan terakhir update ketersediaan barang, ini perlu di tanyakan secara langsung. Ini penting untuk di tanyakan untuk anda segera melakukan update jualan.
  • Lokasi supplier, lebih menguntungkan jika lokasi supplier mudah di jangkau.

Affiliasi

Affiliasi sendiri adalah kita sebagai bagian marketing dari produk yang kita tawarkan, layakanya salesman. Kita akan dapatkan sekian % dari penjualan, bedanya ini online. Penjualan akan terdeteksi ketika pembeli melakukan klik dan membeli di website yang dituju. Dimana mendapatkannya?

Selanjutnya tentang affiliasi akan dibahas terpisah. Cek disini Affiliasi Bisnis Online

2. Dengan Produk Sendiri

(update proses..)

Bagi yang sudah memiliki produk sendiri dan perlu pengembangan dalam hal pemasaran dalam melakukan bisnis oline atau meningkatkan profitabilitas bisa ikuti saran ini

Selanjutnya tentang mengembangkan dan memasarkan produk sendiri akan dibahas terpisah. Cek disini Memasarkan Produk Sendiri

3. Membuat Produk Sendiri

Produk disini bebas produk apa saja, jasa maupun barang jadi. Poin penting dalam memulai pembuatan produk adalah

  1. Sesuaikan dengan kemampuan atau sumberdaya yang kita punya. (ini termasuk bahan thesis s2 saya, semoga bisa lebih detail dalam menjelaskan)
  2. Cek Supply & Demand nya. Artinya, produk tersebut ada tidak yang butuh. Dari mana mengetahui ini? Akan dibahas terpisah.
  3. Cek harga pasaran. Akan dibahas terpisah.
  4. Cek pesaing. Akan dibahas terpisah.
  5. Tanyakan ke diri sendiri, apa kelebihan produk saya ini dibandingkan dengan produk yang sudah ada? (pesaing). Akan dibahas terpisah.

Selanjutnya tentang membuat produk sendiri akan dibahas terpisah. Cek disini Membuat Produk Sendiri.

Silahkan bagikan tulisan ini, semoga ini menjadi amal saya dan membantu anda semua 🙂

2 thoughts on “Bisnis Online Itu Mudah

  1. Pingback: Untuk Guruku

Leave a Comment