in Bacaan

Cara Agar Fokus Saat Kerja – 10 Langkah Mudah!

Cara agar forkus saat kerja sebenarnya tidak susah. Namun yang susah itu mematahkan tali-setan procrastination (malas-malasan/leha-leha) yang telah terpaku di jiwa 😀 . Ah tulisan ini murni dari sebongkah kepala saya yang disalurkan melalui jari keyboard lalu blog ini yang menurut sepengamatan saya (tanpa bermacam keribetan metoda) berhasil di lakukan untuk kamu yang basis pekerjaannya adalah : didepan komputer, pantengin layar hingga up to 4 jam. Ini bisa berguna bagi : programmer, digital designer, tesis-er, skripsi-er dan lainnya.

Mari sini saya jabarkan 10 cara agar fokus saat kerja di depan komputer.

    1. Tutup semua windows (jendela aplikasi) yang tidak dibutuhkan!
      Ketika mengerjakan pekerjaan yang meliputi 1 atau 2 jendela (ex : microsoft word + google chrome), tutup semua aplikasi selain kedua itu. chating lah, email lah dan apliakasi media player, ini penting, karena lagu akan membuyarkan konsentrasi, kecuali musik instrumental (tanpa ada suara orang nyanyi). Apalagi windows(jendela aps) yang berhubungan dengan social media, wajib ditutup!
    2. Atur contrast dan brightness monitormu!
      Menggunakan layar/monitor yang terlalu terang memang mengasikan. Namun hanya sementara asiknya, untuk fokus dalam waktu yang lama, kamu perlu merendahkan brightness monitor. Ini untuk mengurangi kelelahan pada mata. Untuk contrast bisa disesuaikan. Bagi digital designer bisa menggunakan, ehmm, Mac Display 😀 . Cek referensi tentang iritasi mata karena monitor di sini : http://www.allaboutvision.com/cvs/irritated.htm
    3. Pastikan posisimu dudukmu nyaman!
      Posisi memengaruhi prestasi! hihi. Lama waktu bekerja akan menyebabkan nyeri di punggung – pinggang jika posisi duduk kita tidak baik. Posisi yang enak (pw) melebihi 90 derajat. Lihat gambar dibawah.
      posisi duduk nyaman
    4. Pastikan ada air minum di mejamu!
      Demi memudahkan akses dahaga tenggorokanmu, isikan penuh botol atau gelasmu dengan minuman favorit. Direkomendasikan untuk meminum air putih/bening. Ingat iklan aq*a? 😀 . Memang betul untuk menjaga konsentrasi.
      minuman
    5. Bersihkan dan rapihkan mejamu senyaman mungkin! meja rapihDengan merapihkan tata letak perangkat yang ada di mejamu, ini mengatur suasana hati agar lebih nyaman dan enak di pandang dan tidak terganggu dengan perangkat perangkat alat sholat yang ada di sepemandangan mata mu.
    6. Pastikan juga letak tangamu dengan keyboard nyaman! hand wristIni penting untuk menghindari yang namanya carpal tunnel syndrome! Pastikan telapak tangamu tidak terlalu tinggi atau rendah dari meja ke keyboard komputer/laptop. Gunakan hand wrist untuk menjaga ke-ergonomisan lekuk tangan dan kenyamanan saat bekerja.
    7. Jadikan ke mode silent pada HP pintarmu! silent modeNah ini, ini berlaku jika pekerjaanmu tidak atau jarang ada sangkut pautnya dengan HP. Silent, dan lanjut kerja!
    8. Beritahu kolega/rekan kerja/sebelahmu untuk tenang karena akan fokus! keep silentInfokan rekanmu dahulu jika memungkinkan, karena ingin fokus, agar mereka tidak semena mena menginterupsi pekerjaan 😀 . Interupsi pekerjaan sama seperti tiba tiba mematikan komputer tanpa Shut Down lebih dahulu. Jeglek 😀
    9. Atur waktu berapa lama untuk fokus! alarm

      Untuk melatih pada tahap awal, kamu bisa melakukan dengan menggunakan timer. Gunakan fitur alarm di HP mu selama 25 menit – 60 menit. Lama fokus tergantung tingkat kosentrasi dan pekerjaan. Jangan lupa untuk menyesuaikan bunyi alarm agar tidak menganggu yang lain 😀

    10. Share dan tutup blog ini & Lakukan sekarang juga!

 

Write a Comment

Comment