in Bacaan

Full Layout atau Boxed?

Well, ini menjadi bahan pemikiran hari ini, sebetulnya apa sasaran dari Full layout dan boxed layout pada website? apa pengaruhnya pada User Experience (UE)? apakah user akan datang dan bingung dengan tampilan full layout karena matanya perlu membaca dari kiri ke kanan monitornya? atau dengan boxed layout user hanya membaca separo dari lebar layar komputer/laptop?

Ini perlu diperhatikan bagi website owner ketika merancang website. Siapa sasaran website itu? kenapa menggunakan desain full atau boxed? mari kita bahas.

Menurut pendapat saya tentang Full Layout. Full layout terkenal baru beberapa tahun belakangan ini, dikarenakan fungsi dari css3 dan html5 yang bisa menyesuaikan dengan format ukuran layar si user, maka dengan menggunakan full layout, desainer web bisa menggunakan seluruh kemampuannya untuk menaruh semua elemen di halaman tanpa terbatasi oleh ukuran lebar website. Namun selain itu, jika kita menggunakan ukuran font yang kecil pada full layout desain, maka akan terlihat overwhelming bagi user, karena harus menggeser kepala ketika membaca konten pada website, oleh sebab itu, lebih baik menggunakan font ukuran besar dari biasanya dan melakukan margin agak ke tengah konten agar user memiliki lebih banyak waktu bersanding di website (biar bounce out tidak banyak)

Sedangkan boxed layout biasanya digunakan sebagai alasan minimalistik dan simple, desain kondang ini telah berubah menjadi responsive, sehingga mudah digunakan disemua layar. Boxed layout sebetulnya bukan hanya isi website yang dipakaikan border, namun semua konten ada di posisi tengah, rapih dan memanjakan mata, juga tergantung kebutuhan website itu. Apakah ecommerce cocok menggunakan boxed layout? it depends, ada user yang suka dengan gambar besar dan resolusi tajam saat membeli produk riil, ada juga yang lebih senang simple dan minimal. ada.

Berikut data referensi tentang penggunaan ukuran layar diseluruh dunia : http://www.hobo-web.co.uk/best-screen-size/

Juga referensi lain terkait layout ukuran website : https://www.sitepoint.com/best-size-website/

Write a Comment

Comment