Mata James Webb Telescope

Dibuat kejutan oleh teropong NASA terbaru, yang diluncurkan desember 2021 lalu, JWT atau James Webb Telescope. JWT bukan auth token.

Teleskop dengan infrared ini mampu “melihat” dengan lebih detail dibandingkan pendahulunya, Hubble telescope.

https://www.nasa.gov/webbfirstimages#tab1-5

Gambar diatas adalah cluster galaxy. bayangkan, galaxy seluas itu, bisa dilihat secara cluster atau kelompokan. Jumlah galaxy itu banyak, dan galaxy nya sendiri selain luas juga jaraknya ribuan dan jutaan tahun cahay.

Pernah tidak terlintas dalam pikiran bahwa, jika ada suatu alat atau pesawat yang dapat memindahkan kita(entah itu teleport/terbang) dengan melebihi kecepatan cahaya, atau melebihi tahunan cahaya, dan ada alat untuk meneropong sejauh itu, mungkin kita masih bisa melihat manusia paling mulia yang pernah ada di muka bumi.

Cahaya dilangit malam yang biasa kita lihat, bisa jadi itu baru sampai ke kita setelah sekian ratus atau tahun cahaya. Who knows, jika bisa meneropong ke objek itu.

Dulu sering berandai andai, bagaimana cara kerja mesin teleport? walau alat itu sampai sekarang pun belum ada. apakah memotong tubuh kita lalu di pindahkan? sounds scarry. atau membuat citra dari tubuh kita? tapi ini tidak jauh beda dengan alat komunikasi skarang. Does this things will be exist?

Leave a Reply

Your email address will not be published.