Mending Diluar Katanya

WARNING. Post ini mungkin akan sangat mengganggu. Serta sangat subjektif.

Level ketidakpedulian saya itu cukup tinggi, sampai akhirnya ketidakpedulian itu mengusik jiwa kepedulian saya. Contoh kecilnya, bocil bocil yang doyan ribut di masjid. Saya tidak peduli. Selama mereka tetap ke masjid. Namun saat mereka ribut dengan kekerasan, baca : pukul kepala dan lainnya. Itu mengusik saya. Jewer langsung ditempat. Persetan dengan dia anak siapa. Mau ngadu? Silahkan!

Foto screenshot diatas berawal dari sebuah komplain di grup Facebook WP Indonesia terkait layanan di salah satu penyedia vps yang notebene masih dalam circle pertemenanan saya dan satu grup WA hosting.

Biasanya saya tidak terlalu peduli amat jika yang dikomplain bukan Jetorbit, karena toh itu bukan urusan saya, aka its not my business.

Membaca komentar-komentar yang ada di kompain tersebut dan menemukan beberapa yang klise nan menggelitik seperti diatas. Komentar diatas ini yang lebih detail dari komentar lainnya yang bernuansa “mending pakai luar”.

Jelas komentar beliau ini subjektif namun men-generalisir semua hoster di Indonesia. Muak!

Kita akan bahas poin poin yang dituliskan diatas. by case.

1.

“Menyalahkan plugin, buka error log saja tidak” Ini sejatinya suzon. Ya mungkin bisa saja benar. Tapi lihat reputasi dari si hoster tersebut. Baru kah? Sudah jalan lama kah?
Lalu tau dari mana jika si TS (Team/Technical Support) itu tidak membuka log? Atau errror itu kamu sengajakan untuk mengetes TS ? Jika tau cara cek error nya, kenapa mesti tanya support? Males kah? atau sekali lagi hanya ingin buang buang waktu?


Pada kasus WordPress yang seringkali jadi sumber masalah itu dari themes atau plugin external apalagi yang indikasinya menggunakan bajakan, sudah sering kejadian malware masuk dan merusak susunan installasi WordPress!


Lalu, apakah ini hanya terjadi di kalangan hosting Indonesia? Oh tentu tidak! Hoster-hoster luar pun sering menggunakan template jawaban yang berulang ulang, jika tidak menggunakan template, kalian akan mendapatkan jawaban ala kadarnya.

Mau tau gimana kasus kasus nyeleneh TS hoster luar?
Nih https://lowendspirit.com/discussion/2695/maxkvm-is-superb-and-i-like-it-but/p1

2.

“Ngaku serba otomatis, tapi pembayaran harus konfirmasi cs dulu”

Agak capek juga ya menjelaskan ini untuk user yang juga masih beranggapan kalau buah yang dijual itu semua harus manis!

Gini bos. Terkadang ada beberapa hal yang disediakan penyedia hosting/server/vps terutama Indonesia itu perlu adanya konfirmasi manual. Terutama jika KAMU salah bayar, telat bayar, salah secara sistem, atau pembayaran kamu itu tidak ada channel atau tidak ada modul otomatisnya.

Tidak semua hoster itu memiliki developer/coder untuk aplikasi billing nya. Jika hanya disediakan pembayaran yang otomatis seperti paypal/kartu kredit/virtual account, nanti kamu protes lagi ga, dengan fee yang dibebankan? nah itu dulu deh, ngaca.

3.

“Ngaku cloud tapi masih down”

Kamu ini sebenarnya belajar tidak? atau Cloud yang kamu mau itu yang harga $5/mo ? Yang tidak pernah kena maintenance itu?

Cloud itu ada levelnya bos. Level network, level server, atau level software? paham ga? oh engga ya? Belajar lagi. Nunduk lagi. Cross check lagi. Provider yang kamu sebut itu ada statement tidak anti down? Atau kamu hanya menduga duga?

TANYA DULU SEBELUM MEMBELI!

Lihat. Generalisir.

Ada namanya self proclaim. Dimana hal ini umum dalam hal marketing atau pemasaran. Self proclaim ini juga yang bisa jadi sebagai visi dari penyandang proclaim itu. Semacam spirit yang bisa mensupport perkembangan bisnis ke arah itu. Walau yang di klaim kan mungkin baru separo jalan.

Namun sering kali user itu bertindak se akan akan paling tau. “Ohh kentaki itu mestinya kriuk donk, kok ini kulitnya lembek? ”
“Ohh cloud itu mestinya anti down dong, kok ini down sih? ”

OVH ON FIRE – https://www.reuters.com/article/us-france-ovh-fire-idUSKBN2B20NU
AWS OUTAGE – https://mybroadband.co.za/news/cloud-hosting/460648-major-aws-outage-in-south-africa.html
AWS OUTAGE – https://www.cnet.com/tech/aws-suffers-brief-outage-caused-issues-at-multiple-sites/

and so on and so on.

Makin besar kapasitas untuk scalling dan multi lokasi dari penyedia layanan cloud itu, makin bisa mereka untuk meminimalisir dampak downtime tersebut. Jadi intinya? Down time bakal tetep ada bossss.

Ga mau ada downtime? Balancing! Pakai DRC!

4.

“Bla bla backup 1-3 bulan sekali”

Bos, elu udah dapet backup aja bersukur. Lihat donk TOS/TERM nya yang berlaku. Mau punya backup yang mumpuni? Ya berani bayar lebih donk, kamu kira backup kamu itu ga pakai storage tambahan lagi he?

Cloud $5 yang kamu punya itu memangnya termasuk backup? OH big no kid!
Ada tambahan biaya untuk snapshot/backup yang kamu maksud! Paham?

Saya tidak mau bilang bahwa semua hoster mesti punya backup, ini pure urusan masing masing bisnis.

Pada Jetorbit, kami belajar untuk menyimpan backup secara rapih dan termonitoring. Database harian, file mingguan. Tentu ini dengan penyesuaian pada setiap layanannya.

5.

“Suka suspend ga jelas”

Kamu ngelaggar TOS ga? Web kamu bersih ga? Web kamu menyebabkan DDOS masuk ga karena malware numpang di web kamu? Kamu kira hoster luar “JELAS” juga ngesuspend? Bahkan langsung terminate juga ada!

OVH – https://www.diskusiwebhosting.com/threads/pengalaman-buruk-dengan-ovh-group-ovh-soyoustart-dan-kimsufi.24331/

OVH LAGI – https://www.diskusiwebhosting.com/threads/akun-langsung-ditutup-oleh-ovhcloud.37526/

Kamu kira link diatas itu mau dengerin cuap cuap kamu dan mau buka suspend kamu?

Nih provider lokal (rekan sesama grup ACHI) yang bisa membuka suspend nya jika pendekatan sebagai orang Indonesia masih – https://www.facebook.com/groups/wp.indonesia/posts/5569050403138038/

6.

ini paling epik sih.

“Ngaku SSD tapi write cuma 50-80MB/s”

Kid! Kamu itu belinya apa? Shared host atau VPS? Shared host mana ada yang ngasih full speed SSD! Karena itu namanya shared!

Kamu beli VPS? Lihat dulu dong itu steal CPU atau tingkat oversell dari node yang kamu pakai! Caranya? Tanya! Tanya! Tanya! Ke penyedia VPS kamu!

Masa hal begini aja perlu di buat generalisir sih?

Mau tau betapa amburakral bin amburadulnya provider luar juga?
VIRMACH – https://lowendtalk.com/discussion/153793/virmach-black-friday-cyber-week-2018-raid-10-ssd-openvz-kvm-check-inside-for-offers#latest

Nexustbyte – https://lowendtalk.com/discussion/180202/nexusbytes-falling-apart-and-a-liteserver-short-review/p1

Maxkvm

so on so on

—————————

Tapi tapi tapi,

Terimakasih loh udah bikin saya nulis panjang (menurut saya), serta membuat beberapa poin kamu dikomentar itu untuk perubahan perubahan yang diperlukan, cuaks!

Leave a Reply

Your email address will not be published.