in Bacaan

Redefine Your Goal (2)

Melanjutkan tulisan Redefine Your Goal pertama, yang menjadi pertanyaan pembuka untuk artikel kedua ini adalah, dibalik visimu itu ada alasan, lalu, apakah alasan itu sudah benar? Kembali menilik ke alasan dibalik suksesnya Facebook dan Microsoft. Pendiri kedua big company tersebut memiliki visi dengan alasan sosial yang besar dampaknya. Bill Gates, ingin setiap orang memiliki komputer diatas meja kerjanya. Dampak yang ditimbulkan dari hasil visi beliau ini sungguh besar. Jadi apakah visimu sudah, sekiranya, berdampak bagi keperluan sosial yang besar? Mulai dari keluargamu, teman dekat hingga orang banyak.

Banyak ayat dalam Al-Quran yang memerintah untuk membantu orang, dan memikirkan orang lain layaknya baginda Muhammad saat diujung ajalnya, yang terus memikirkan ummatnya. Jadi intinya, VISI yang kita bawa selama hidup harus memiliki pengaruh atau dampak bagi kehidupan sosial.

Perubahan itu memang malas. Malas melakukan perubahan. Iritasi akan perubahan. Ini wajar bagi sebagian orang, karena perubahan itu mematahkan dogma yang telah tertanam dibenak dan pikirannya. Namun ketika suatu keharusan akan perubahan itu ada, apa masih mau bertahan dengan yang ada? Evolving. Memulai untuk memetakan tujuan utama dalam hidup dan memanfaatkannya juga memerlukan trigger yang baik agar tidak salah target. Mulai dari membicarakan hal-hal positif, bangun dipagi hari sebelum fajar menyingsing atau bergaul dengan orang-orang yang berpikiran positif akan merangsang pikiran untuk menuju jalan yang positif dan menemukan tujaun yang benar.

Mudahnya, ambil tujuan jangka panjang, dalam rentang hingga 10 tahun kedepan. Mari kita buat seperti studi kasus. Dalam 10 tahun kedepan, yang berarti adalah tahun 2026, VISI nya adalah Memiliki perusahaan yang bergerak dalam bidang X. Tujuan atau alasan dari VISI ini adalah agar bisa mempekerjakan karyawan asli indonesia karena ketatnya persaingan di tahun-tahun depan serta adanya bonus demografi. All set. Tujuan sosial ada, visi ada. Tinggal misinya, misinya apa saja untuk mencapai Visi tersebut? ini bisa bervariasi, namun for the sake of simplicity of this case, misi adalah memiliki penghasilan bulanan dan menyisihkan Y% untuk membuat perusahaan. Misi bisa banyak, bisa ditambahkan. Jadi jika dibuat list :

  • VISI & Tujuan (alasan dari VISI)
  • MISI

Oh ya, kenapa sih harus ada tujuan social? Silahkan baca tentang Social Business oleh Muhammad Yunus selaku pemeran utamanya : http://www.muhammadyunus.org/index.php/social-business/social-business

Artikel untuk mengajarkan mengapa dampak sosial diperlukan.

Write a Comment

Comment