Apa itu Hosting? Pengertian Hosting dan Domain

Apa itu hosting?

Beberapa dari kita masih belum mengerti apa pengertian dari hosting ini. Kita harus cepat mengetahui apa pengertian dari hosting dan juga domain karena pada belakangan ini sudah dan sedang terjadi booming penggunaan website untuk berbagai macam keperluan.

Anda sedang membaca artikel saya ini, dimana artikel ini ada di website yang memiliki domain gilank.com yang di hosting (host) atau bertempatkan di Jetorbit.com

Hosting adalah ibaratnya sebuah tempat (mesin server/komputer) untuk menampung  website. Lalu dimana bisa mendapatkan hosting untuk segera meng-onlinekan website? Salah satunya bisa hosting di Jetorbit.com. Dimana Jetorbit.com telah melayani berbagai macam kebutuhan pengguna website selama 5 tahun.

Jika begitu, apakah bisa website saya di “tampung” di komputer sendiri? Bisa iya bisa tidak. Syarat agar website anda bisa diakses oleh orang lain adalah menghubungkannya dengan internet. Namun bukan berarti laptop atau komputer yang sudah bisa internetan bisa digunakan untuk hosting website. Yang diperlukan lagi adalah alamat IP publik. Baca apa itu alamat ip publik?

Hosting itu ibarat apartemen. Tau kan jika apartemen itu kita menyewa kamar yang cukup besar untuk kita huni seperti rumah. Sama seperti hosting. Dimana kita menyewa “tempat” untuk meletakkan website kita agar bisa online, agar bisa diakses oleh publik.

apa itu hosting

Lalu apa bedanya kita meletakan website di komputer sendiri dibandingkan dengan menaruh di hosting? Seperti yang sudah saya tuliskan diatas, ditambah lagi, agar website yang kita miliki ini dapat di kunjungi oleh publik dan juga bisa diakses kapan saja. Untuk menjaga kestabilan hosting maka diperlukan untuk menjaga atau melakukan maintenance agar server yang digunakan tetap nyala dan berjalan dengan baik.

Bagi anda yang masih pemula tidak perlu ragu lagi jika ingin belajar. Sekarang sudah banyak yang menyediakan hosting dengan biaya yang cukup murah. Lebih murah dari penggunaan pulsa anda dalam sebulan. Untuk mendapatkan benefit yang lebih besar, bisa anda lihat di Jetorbit.com

3 thoughts on “Apa itu Hosting? Pengertian Hosting dan Domain”

Leave a Comment